Dibekali mesin 1000cc Turbo: Toyota Raize Mampu Melaju 160Km/Jam

159

OtomotifZone.com – Surabaya. Satu bulan lebih setelah resmi diluncurkan di Surabaya, Auto2000 Jawa Timur menepati janjianya dengan mengadakan Test Drive Toyota Raize & Media Gathering pada hari Selasa (8/6).

“Hari ini kita akan buktikan bersama-sama kemampuan mesin 1.000cc Turbo Toyota Raize, yang sejak bulan Juni 2021 ini kami sudah menerima sebanyak 148 SPK,” buka Judianto, Operation Manager Auto2000 Jatim sebelum memulai acara.

Pada kesempatan yang sama, Faris Henky Kurniawan, Korwil Auto2000 Wilayah 2 menyampaikan, “Kami sengaja memilih rute ini karena jalan yang akan kita lalui cukup beragam. Mulai dari kemacetan, jalan panjang saat melewati tol, bahkan jalan menanjak menuju lokasi pemberhentian nanti. Kami harap dengan rute ini teman-teman media bisa mencoba smua fitur yang ada di Toyota Raize.”

Start dari Auto2000 Ahmad Yani, Surabaya, 6 unit test car yang terdiri dari 5 unit varian 1.0T GR Sport bertransmisi CVT dan 1 unit 1.0 GR Sport TSS CVT siap meluncur menuju Highland Grill di kaki Gunung Arjuno, Lawang, Kabupaten Malang membawa rombongan awak media.

Judianto, Operation Manager Auto2000 Jatim memberangkatkan rombongan test drive Toyota Raize awak media

Etape pertama (Surabaya-Lawang) Otomotifzone.com yang kebagian varian 1.0T GR Sport CVT merasakan sebagai penumpang di jok depan.

Toyota Raize varian 1.0T GR Sport CVT yang dikendarai OZ dan tim

Interior

Pandangan sama dengan posisi pengemudi cukup luas melihat kedepan. Posisi duduk juga nyaman dengan postur OZ 158cm masih banyak ruang tersisa.

Melirik kebelakang, Toyota sengaja mendesain bangku baris kedua dapat memuat 3 penumpang. Ini terbukti dengan 3 headrest dan 3 seatbelt 3 titik yang telah dilengkapi fitur Seatbelt Warning.

Performa

Saat melaju di Tol, Toyota Raize yang diisi 4 penumpang enteng diajak ngebut termasuk saat jalanan menanjak, mobil tetap nyaman dan powerfull. Mesin 1000cc Turbonya membuat compact SUV ini tidak ngoyo. Kecepatan 100km/jam sangat mudah diraih. Masih penasaran dengan performanya test drive kami injek pedal gas dalam-dalam, hasilnya cukup membuat kami terkejut. Kecepatan 160km/jam bisa diraih saat melewati jalan tol Porong-Lawang.

Hal ini juga dibuktikan langsung saat OZ duduk dibangku kemudi perjalanan pulang, kecepatan 165km/jam bisa diraih saat jalan menurun.

Jalan tol panjang Porong-Lawang jadi pembuktian top speed Toyota Raize

Saat melaju pada kecepatan 100km/jam lebih mobil tetap tenang. Gejala limbung yang timbul karena jalan bergelombang dapat dieliminir dengan karakter sasis dan keberadaan fitur VSC (Vehicle Stability Control) secara aktif mengurangi risiko terjadinya gejala understeer yang jadi karakter bawaan mobil penggerak roda depan seperti Raize ini.

“Ini karena Toyota Raize dibangun menggunakan platform TNGA (Toyota New Global Architecture) yang menawarkan 5 keunggulan, yaitu kualitas mengemudi, kenyamanan yang lebih baik, fitur terkini, performa hebat dan keamanan berkendara,” jelas Faris Henky Kurniawan yang satu mobil dengan OZ.

Tembus 160km/jam

Bagi pengendara yang suka dengan kecepatan dan mengendara lebih agresif, Toyota menyediakan fitur Power Mode dan mode perpindahan sekuensial dengan simulasi 7 percepatan pada transmisi CVT-nya. Toyota juga menyematkan fitu paddle shift untuk memudahkan perpindahan gigi agar saat mengemudi bisa lebih fokus.

Paddle shift memudahkan perpindahan gigi

“Untuk konsumsi bbm, di tol bisa tembus 20km/liter. Sedangkan dalam kota 13km/liter,” ungkap Hengky.

Audio

Head unit 9 inci interactive

Selain performa, saat perjalanan jauh audio juga mempunyai andil membuat nyaman dalam berkendara. Ini berkat Head unit 9 inci interactive tertanam di semua tipe Toyota Raize.

Konektivitas ke smartphone sangat gampang, fitur setting audionya cukup mewah. Mulai dari graphic equalizer, hingga mengatur fader dan balance untuk mendapatkan staging suara yang paling pas untuk pengemudi atau penumpang.

Fitur Canggih

Di varian tertinggi (1.0T GR Sport TSSS), Toyota melengkapi Raize dengan fitur-fitur keamanan yaitu Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Monitoring serta fitur keamanan canggih yang belum dimiliki pesaing di kelasnya seperti Lane Departure Assist with Steering Control, Pedal Miss-operation Control, Pre Collision System, Adaptive Cruise Control dan Front Departure Alert.

Toyota Raize Varian 1.0T GR Sport CVT dibanderol Rp 263.383.000 (One Tone) dan Rp 265.983.000 (Two Tone). Sedangkan varian 1.0T GR Sport TSS CVT Rp 281.133.000 (One Tone) dan Rp 283.533.000 (Two Tone).

Kesimpulan

Dari hasil OZ saat test drive Toyota Raize baik sebagai pengemudi maupun penumpang didepan dan belakang, secara keseluruhan compact SUV terbaru Toyota sangat nyaman, berkendara jadi lebih menyenangkan dengan semua fitur canggihnya. Sangat layak untuk meminang Toyota Raize.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS, Toyota, Aki/Otoplus-online