Final Kejurnas Time Rally: Ajang Nostalgia Pereli Nasional Senior 

747

OtomotifZone.com – Malang. Setelah beberapa tahun Jatim ‘puasa’ dari hingar bingar Time Rally, kali ini Kota Malang menjadi tuan rumah penyelenggaraan seri kelima atau seri terakhir Kejurnas Time Rally yang bertajuk “Ijen Suites Time Rally”, pada Sabtu-Minggu (5-6/12). Dalam final round kali ini sejumlah pereli nasional akan turut meramaikan time rally tersebut. Tidak ketinggalan para pereli senior nasional turut hadir.
Ketua Penyelenggara, R Billy Putranda Soerjanto memaparkan, “Dengan diselenggarakan Kejurnas Time Rally di Malang ini kami harap bisa sebagai pelecut kota Jatim yang lain, karena selama ini mati suri,” jelasnya saat menggelar jumpa wartawan di Ijen suites Hotel, Malang, Rabu (2/12).

“Kita tahu, Jatim ini gudangnya pereli, Navigator nasional banyak muncul dari Jatim. Kami coba membangkitkan lagi dunia reli di Jatim, apalagi setelah tahun 2009 Jatim tidak pernah jadi penyelenggara Kejurnas,” tambah Billy.

Lebih lanjut Billy menjelaskan, sebagai seri puncak KejurnasTime Rally, pada seri Malang kali ini akan dipadu dengan regulasi dan konsep baru. Seperti dibukanya fun rally khusus untuk pelajar dan mahasiswa, dengan harapan dapat menjaring bibit-bibit pereli Jatim khususnya Malang. 

Terkait regulasi baru, Pimpinan Perlombaan Time Rally, Suryo Putranto menjelaskan bahwa pada Kejurnas kali ini akan mampu menarik peserta karena di seri ini akan diberlakukan perhitungan poin yang berlipat.

“Pemenang di reli seri terakhir ini poinnya akan dikalikan 1,5 dari poin normal. Ini yang membuat para pereli akan berlomba-lomba memburu poin. Selain itu dengan banyaknya tempat wisata di kota Malang, penyelenggara sengaja menggelar time rally selama dua hari (pada seri 1-4 hanya sehari). Ini yang membuat final kejurnas time rally kali ini berbeda,” ucap Suryo.

Empat seri kejurnas sebelumnya digelar berurutan di Makassar, Bali, Lombok, dan Kepulauan Riau Batam.

Rencananya Ijen Suites Time Rally di Malang nanti akan digelar dalam tiga trayek dengan total jarak tempuh 350 km. “Trayek pertama akan dilaksanakan pada hari Sabtu (5/12) jam 11.00, kemudian trayek kedua jam 23.00, dan trayek ketiga Minggu (6/12) pagi yang dilanjutkan dengan fun rally,” imbuh Suryo.

Tiga besar klasemen sementara peringkat nasional yang dipastikan akan ambil bagian, seperti Gusta Pria dan Adinta dari Jateng, dr Satria Husada dan Surya Haksara dari Jatim, serta Billy dan Tegar.

Sedangkan empat besar kelompok tim adalah,Tim Makota dari Malang, Protect Hipmi Makasar, IMI Jatim dan HIPMI ABG Sulsel juga akan berebut poin tambahan di Kejurnas kali ini.

Pereli senior seperti Poedio Utoyo (juara 1972), Jefry JP, Fredrik Muladi, Hervian Sujono, Raditya Amin dan Aji Pamungkas juga memastikan diri untuk ambil bagian dan bernostalgia.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS