Modifikasi Honda Tiger 2009 Disulap Jadi Scrambler…!

12174
Zenal Arifin pemilik Honda Tiger 2009 lebih suka aliran Scrambler

OtomotifZone.com – Ciamis. Honda Tiger milik Zenal Arifin ini nongol di gelaran Honda Modif Contest 2016 yang berlangsung di Cirebon, bulan Mei lalu. Kehadiran motor Honda tahun 2009 ini memang menarik perhatian para pengunjung Grage Mall Cirebon tempat dilangsungkannya gelaran HMC 2016. Pasalnya, Zenal menyulapnya menjadi bergaya Ducati Scrambler. Wah Mantap…!

Tangki dibuat Custom mirip Ducati Scrambler
Tangki dibuat Custom mirip Ducati Scrambler

“Saya memang menyukai motor-motor bergaya klasik namun tetap ada sentuhan modern dan bergaya macho. Makanya saya pilih aliran modifikasi Ducati Scrambler karena dengan konsep motor ini bisa digunakan di jalan raya dan pegunungan,” ujar Zenal kepada OtomotifZone.com.

Tak perlu lama-lama, setelah memiliki ide tersebut. Zenal langsung membawanya ke Bengkel Josh Modified di Ciamis. Proses awal, untuk mengejar tampilan Scrambler bodi custom dipilih dari Ducati Scrambler 800. Selain bodi, bagian yang dibuat custom seperti tangki, jok dan juga sepatbor depan & belakang.

Dimaksimalkan dengan Swing Arm Cagiva Mito
Dimaksimalkan dengan Swing Arm Cagiva Mito

Lanjut ke peredam kejut bagian depan, pria lulusan Politeknik APP Jakarta ini mengandalkan upside down copotan Cagiva Mito. Sedangkan suspensi belakang dibuat mono shock milik Yamaha Vixion. Agar terlihat lebih kokoh, swing arm standar diganti memakai milik Cagiva Mito. “Sebetulnya kesulitan ada pas pemasangan monoshock, karena kan posisinya disamping sama seperti motor matik,” kata pria kelahiran 18 Juli 1993 lalu tersebut.

Lampu belakang milik BSA
Lampu belakang milik BSA

Supaya tampil beda, pelek pun diganti jadi lebih lebar menggunakan label Rossi yang dibalut dengan ban Zeneos Turino berukuran 120/70 di bagian depan dan 150/70 di belakang. “Kedepan rencananya saya akan mengganti cat dan posisi knalpot di rubah ke samping agar konsep scrambler semakin kental,” pungkasnya.

Penulis : Indra Gunawan | Foto : Istimewa

Data Modifikasi :
Pelek Depan dan Belakang : Rossi
Lampu Belakang : BSA
Lampu Depan : Variasi
Trombol : KLX 150
Stang : Fatbar
Kaliper Depan : Frando 6 Piston
Kaliper Belakang : Nissin 1 Piston