Perubahan Hasil F1 Hungaria, Sebastian Vettel Batal Podium 2!

60

OtomotifZone.com-Hungaria. Seri 11 ajang balap mobil F1 sirkuit Hungaroring, Hungaria 1 Agustus 2021 sempat menjadi hari yang menggembirakan bagi team Aston Martin. Karena driver mereka Sebastian Vettel sanggup tembus finish di posisi 2.

Tapi setelah podium apa yang terjadi? Vettel kehilangan posisi kedua di Hungaria setelah didiskualifikasi karena masalah sampel bahan bakar. Setelah balap seperti biasa official F1 mengecek semua mobil. Dan yang terjadi kemarin mereka tidak dapat mengambil sampel bahan bakar yang diperlukan dari mobil Vettel.

Berdasarkan peraturan teknis para kompetitor harus memastikan bahwa sampel tersebut 1,0 liter dapat diambil dari mobil kapan saja selama event. Tapi kemarin mereka hanya mungkin bisa mengambil 0,3 liter dari mobil Aston Martin yang di bawa Vettel setelah balapan hari Minggu.

Vettel, gagal bawa point baik di Hungaria.

“Pengawas memutuskan untuk menerapkan hukuman standar untuk pelanggaran teknis. Oleh karena itu mereka memperhitungkan, bahwa tidak ada pembelaan untuk mengklaim bahwa tidak ada keunggulan kinerja yang diperoleh,” pernyataan dari Stewards’. Hasil Sebastian Vettel akhirnya di diskualifikasi dan tanpa point. Dan entry list di bawah Vettel naik satu tingkat dari hasil resmi yang keluar kemarin usai balap.

Penulis : Hafid | Foto : F1