Plat Nomer Kendaraan Bakal Ganti Warna, Dari Hitam ke Putih

78

OtomotifZone.com – Cirebon. Plat nomer kendaraan bermotor di Tanah Air kabarnya bakal segera berganti warna, dari yang semula hitam nantinya menjadi putih. Seperti diketahui selama ini, jika plat nomer motor ataupun mobil pribadi didasari oleh dominasi kelir hitam sedangkan huruf dan angka berwarna putih.

Kabar ini memang bukan isapan jempol semata, karena memang akan segera dilaksanakan sesuai rencana dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan dilakukan secara bertahap serta upaya sosialisasi kepada masyarakat.

“Memang benar, kita merencanakan ada beberapa perubahan terkait dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB),” ungkap Kombes Taslim, Kasubdit STNK Korlantas Polri, dari keterangan tertulisnya.

Rencana perubahan plat nomor kendaraan ini agar Polri bisa lebih efektif lagi dalam segala kegiatannya, termasuk upaya kemudahan saat memantau berbagai kejadian maupun apabila terjadi tidak pelanggaran dan dilihat secara langsung oleh kamera pemantau E-TLE atau Electronic Traffic Law Enforcement.

Lebih lanjut penetapan rencana perubahan warna plat nomor kendaraan ini bakal dilakukan bertahap, dan sebelumnya akan menunggu aturan atau regulasinya terlebih dahulu. Jadi tidak dalam waktu dekat ini, seraya regulasi tersebut selesai.

“Setelah regulasinya itu keluar, baru kita masuk ke tahap berikut yaitu implementasi (pelaksanaan). Kita juga bertahap mengikuti manajemen anggaran Pemerintah terlebih dulu, tahun ini dan tahun depan baru pengadaan material untuk TNKB,” tutur Taslim.

Setelah pembagian SIM C dalam tiga kategori sesuai kapasitas motor yang mulai diterapkan bulan Agustus 2021 ini, pemilik kendaraan harus siap-siap lagi untuk kembali mengikuti aturan dalam penggantian warna plat nomer ini.