Begini Cara Interaksi Race Director MotoGP dan Pembalapnya

83

OtomotifZone.com – Jakarta. Dua opsi pesan dasbor baru akan debut di Kejuaraan Dunia FIM MotoGP™ selama Bitci Motorrad Grand Prix von sterreich mendatang. Pesan dasbor adalah alat yang tersedia untuk Race Direction untuk memfasilitasi komunikasi langsung dengan pengendara saat mereka berada di luar lintasan, dan sejumlah pesan juga dapat dikirim dan dikelola oleh tim.

Race Director Mike Webb menjelaskan, “Selama bertahun-tahun kami memiliki pesan dasbor di mana Race Direction dapat mengirim pesan ke pengendara sepeda; sinyal bendera dan informasi tentang hukuman, hal-hal seperti itu. Dari waktu ke waktu lebih banyak sinyal. Tapi beberapa hal telah muncul baru-baru ini, salah satunya adalah di GP Catalan kami memiliki sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana peralatan pengendara; kulit, tidak berfungsi dengan benar dan kami perlu memberi tahu pengendara untuk memperbaikinya. Dan tidak ada sinyal yang tepat, kami memiliki sinyal tentang kerusakan mekanis pada motor, sinyal tentang diskualifikasi dan hal-hal seperti itu, tetapi kami memutuskan setelah insiden ini bahwa kami membutuhkan sinyal khusus tentang peralatan pengendara karena ini berbeda dengan mekanik. kegagalan, di mana jika sepeda bocor oli atau air atau sesuatu, yang penting sepeda segera keluar dari lintasan.”

Mike Webb

“Dalam kasus masalah atau pengikatan terlepas pada peralatan pengendara, atau sesuatu yang tidak segera menjadi masalah tetapi perlu diperbaiki, itu situasi yang berbeda. Jadi kami memiliki sinyal baru di dasbor, itu menunjukkan ‘peralatan’ pada pengendara. Dashboard dan artinya sudah dijelaskan ke rider dan team: ada masalah dengan equipment kalian dan kalian harus segera memperbaikinya. Kalau itu berarti masuk pit untuk memperbaikinya, oke. Atau kalau kalian bisa memperbaikinya sendiri. di trek, itu juga ok. Yang kami butuhkan adalah Anda segera memperbaikinya, jadi ada pesan baru tentang perlengkapan pengendara. ”

Black Flag

“Pembaruan lainnya adalah permintaan dari FIM MotoGP Stewards tentang perilaku pengendara. Ada kalanya seorang pebalap mungkin melakukan sesuatu yang tidak kita sukai, tetapi itu adalah batas dan bisa jadi salah penilaian atau kesalahan. Namun, jika mereka mengulangi perilaku itu dan membuktikan bahwa itu bukan keduanya, itu akan dikenakan hukuman. Jadi Stewards menginginkan sinyal peringatan  untuk mengatakan ‘hei, jangan lakukan itu. Kami sedang menonton dan jika Anda melakukannya lagi akan ada penalti’. Jadi ada tampilan baru di dasbor yang disebut ‘peringatan’ dan ini khusus tentang perilaku pengendara. Sinyal peringatan mengatakan kepada pengendara ‘apa yang Anda lakukan, kami tidak menyukainya. Perhatikan dan jika Anda melanjutkan bisa ada penalti’. Itulah dua pesan baru untuk meningkatkan komunikasi antara Race Direction dan para pebalap.” tutup Mike Webb.

Editor : Suhendri Wibowo | Sumber : MotoGP