Sukses Gelar Sprint Rally: Pariwisata Olahraga Jatim Bangkit

71

OtomotifZone.com – Lawang, Malang. Gelaran HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 sukses digelar di Sirkuit Puslatker TNI-AL, Bedali, Lawang, Malang pada 22-24 Juli 2022.

Even hasil kerja sama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini diikuti 200 peserta, masing-masing 102 peserta pada Seri 1, dan 98 peserta ikut Seri 2.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang hadir saat penutupan acara mengatakan, pihaknya atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengapresiasi gelaran Gelaran HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022.

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak (kanan) yang hadir saat penutupan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally 2022

“Dengan tema membangkitkan pariwisata olahraga di Jatim, Pemprov Jatim mengapresiasi even ini, karena selain ikut mempromosikan destinasi wisata, juga melibatkan pelaku UMKM dan banyak pihak, seperti tenaga ahli mesin. Bayangkan satu mobil merupakan hasil kerja keras tim yang luar biasa,” katanya pada penutupan HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022, Minggu (24/7) malam.

Lebih lanjut Emil menyampaikan, mudah-mudahan even sprint rally atau ajang sejenis bisa rutin digelar dan ikut mendorong promosi wisata dan memajukan industri otomotif serta UMKM.

“Pemprov Jatim tentu sangat mendukung. Dan akan melakukan koordinasi melalui Dinas Pemuda dan Olah Raga dengan IMI, bagaimana ini bisa menjadi even yang lebih menarik dan berdampak lebih luas ke pariwisata dan ekonomi,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Emil juga mengucapkan terima kasih kepada HIPMI Jatim yang telah memprakarsai sirkuit di Puslatker dan TNI-AL yang menyediakan sarana ajang adu kecepatan mobil tersebut.

Hal yang sama juga diungkapkan pereli nasional Rifat Sungkar yang hadir pada HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 di sirkuit Puslatker TNI-AL, Lawang, Malang. Menurutnya, even perdana ini bisa menjadi pilot project untuk gelaran even sejenis atau seri selanjutnya di daerah lain.

“Ini even yang representatif, kolaborasi antara HIPMI dan TNI-AL dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki. Mereka menyulapnya menjadi sirkuit yang luar biasa cantik dan seksi,” jelasnya kepada OtomotifZone.com.

Lebih lanjut juara Rally Nasional 2021 ini memaparkan, digelarnya even kali ini menjadi tonggak bangkitnya olah raga Rally.

“Dari total 200 peserta yang ikut, 60 persen berasal dari Jawa Timur yang juga banyak diikuti oleh anak-anak muda. Artinya ini menjadi satu kemajuan di cabang olah raga balap mobil. Dan untuk mendorong bakat pembalap muda sebagai regenerasi ini, kami sudah ada pembicaraan dengan IMI untuk menggelar coaching clinic. Tujuannya untuk meningkatkan skill agar bisa tampil lebih kompetitif dan terus berkembang. Sayangkan kalau sarana sirkuit sudah memadai tapi tidak dimaksimalkan,” tutup Rifat.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS, ist