Test Ride New ADV160: Naik 10cc, New ADV160 Jadi Lebih Responsif

108

OtomotifZone.com – Surabaya. PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) main dealer motor Honda wilayah Jatim dan NTT memberikan kesempatan Otomotifzone.com menjajal performa New Honda ADV160. Generasi kedua Matik Adventure Honda ini secara resmi telah diluncurkan di Surabaya pada bulan Juli 2022 lalu.

Yuuk simak hasil OZ test ride New Honda ADV160.

Riding Position dan Handling

Tinggi jok lebih rendah dibanding versi sebelumnya

Pertama kali duduk di atas jok New Honda ADV160, OZ merasa cukup nyaman dan kaki terasa leluasa. Ini karena ruang pijakan kaki (step floor) lebih luas. “Pada versi 160 ini tinggi joknya menjadi 780 mm, atau lebih rendah dari sebelumnya (berkurang 15 mm), dipadukan dengan ground clearance New Honda ADV160 yang cukup tinggi, yakni 165 mm. Kombinasi tersebut semakin memberikan kenyamanan pengendara saat menjelajah berbagai kondisi jalan,” bilang M. Bondan Priyoadi, Technical Service Divison Head MPM.

Gaya adventure dengan setang lebar tetap menjadi ciri New ADV160.

Gaya adventure dengan setang lebar tetap menjadi ciri New ADV160. Penggunaan tapered handle bar membuat pengendalian nyaman. Semakin lincah karena besaran rake dan sudut belok tidak diubah dari tipe sebelumnya. Terbukti saat OZ membawanya di kawasan Pacet, Mojokerto. Jalan berkelok-kelok pegunungan dengan mudah dilibas, termasuk saat harus melewati tikungan tajam menanjak.

Suspension

Suspensi belakang sedikit lebih keras, agar motor lebih stabil untuk manuver

Peredam kejut terasa lebih empuk ini karena jarak main 130 mm, sehingga tidak menimbulkan gejala bottoming suspension yang mentok saat menghajar jalan berlubang. Di bagian suspensi belakang sudah dilengkapi subtank yang dirasa sedikit lebih keras dibandingkan tipe sebelumnya. Ini bertujuan memberikan kenyamanan dan kestabilan optimal pada saat menikung, melibas jalan bergelombang, dan berboncengan.

Performa

Mesin baru 160cc eSP dengan empat katup lebih bertenaga

Mengusung mesin baru eSP dengan empat katup seperti New Honda PCX160 dan Vario160, membuat New ADV160 mampu memuntahkan tenaga 16 PS pada 8.500 rpm dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm. Bedanya, New ADV160 terasa lebih responsif dibanding New PCX160. Selain itu Honda sengaja membedakan setting mapping ECU dan poros pulley belakang, sehingga tenaga New ADV160 lebih terasa di putaran mesin bawah, menengah hingga atas.

Plus Honda menyematkan tekhnologi HSTC (Honda Selectable Torque Control) atau biasa disebut traksi kontrol yang biasa digunakan pada Honda Big Bike dan motor-motor premium Honda. Tujuannya untuk membatasi torsi mesin jika sistem HSTC mendeteksi adanya perbedaan putaran roda depan dan belakang. Itu artinya, saat kita melakukan riding nantinya sistem tersebut yang bakal ‘mengkoreksi’ ketika salah satu ban ada yang slide.

Windscreen

Tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.

Pada bagian windscreen memiliki dua set up ketinggian yang bisa disetting secara manual. Sehingga ketika riding jarak jauh angin tidak langsung menghempas rider.

Bagasi

Tas kamera dan barang bawaan lainnya, semua bisa ditampung bagasi
Sebagai pembanding, tripot ukuran besar dan sedang muat dibagasi New ADV160

Berubahnya bentuk bodi samping pada New ADV160 berefek menambah luas volume bagasi. Sehingga mempuyai ruang penyimpanan barang bawaan sebesar 30 liter (naik 2 liter).

Kesimpulan

Siap diajak berpetualang

Dari perubahan yang Honda lakukan, secara umum New ADV160 ini jauh lebih powerfull, lebih nyaman, lebih stabil, dari generasi sebelumnya.

New ADV 60 ini dibanderol dengan harga Rp 39.881.500 OTR dan CBS Rp 36.481.000 OTR Surabaya.

Sedangkan untuk pilihan warna, ADV 160 ada tipe ABS terdiri dari Tough Matte Black, Tough Matte Red, dan Tough Matte White. Sedangkan tipe CBS hadir dengan warna Dynamic Black, Dynamic Red, dan Dynamic White. 

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS