Ubar Baksos di Ciamis, Sukses dan Meriah

57
peserta
peserta ubar baksos

OtomotifZone.com-Ciamis. Ubar Baksos di Ciamis berlangsung dengan sukses dan meriah, meskipun baru pertama kali panitia menggelar kegiatan tersebut. Ulin Bareng (Ubar) Bakti Sosial (Baksos) berlangsung di Blok Jagautang Dusun Cigasong Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican, Minggu (28/2/2021).

Panitia mengakui masih pemula, namun berusaha untuk mengemas gelaran agar menjadi menarik perhatian dan peserta merasa senang. Bukan hanya itu, panitia juga membuat gelaran dengan menampilkan hiburan untuk masyarakat sekitar maupun masyarakat yang hadir dan berasal dari daerah lain.

Ketua Panitia Aris Hidayat menyampaikan pihaknya dalam membuat gelaran masih pemula, sehingga mengakui masih banyak kekurangan dan akan memperbaikinya. “Kami mengakui, panitia masih pemula dan baru pertama kali menggelar kegiatan ini,” jelas Aris. Aris juga jika pandemi berakhir akan menggelar adventure secara open, dan kemasan akan lebih meriah.

Ketua Panitia Aris (tengah) dan perwakilan panitia

Gelaran yang nampak sederhana namun meriah tersebut, menurut Aris uang pendaftaran sebagian untuk membantu pembangunan Masjid Miftahuss Sa’adah. Untuk penyerahan secara simbolis oleh panitia dan yang menerima kepala Dusun Cigasong Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican.

Kepala Dusun Cigasong Desa Mekarmulya Misbah Abdul Aziz mengucapkan terima kasih pada peserta yang telah menyisihkan sebagian rizkinya untuk membantu pembangunan masjid. “Kami menghaturkan terima kasih pada seluruh peserta yang turut membantu dalam pembangunan Masjid Miftahuss Sa’adah,” ucap Misbah.

Kepala Dusun Misbah (kiri) mewakili Panitia Pembangunan Masjid menerima bantuan

Peserta Membludak Berbaur Dengan Warga

Ubar Baksos di Ciamis tepatnya di Desa Mekarmulya Kecamatan Pamarican nampak sederhana dengan tidak adanya balon gate untuk start peserta. Begitu juga untuk panggung yang berada di lahan yang rata nampak sederhana, namun cukup menghibur dengan 2 biduan.

Menurut Aris, panita memiliki target sekitar 300 namun tercatat di panita peserta kurang lebih 600an. Peserta yang hadir juga bukan hanya sekitaran Pamarican, namun terdapat beberapa peserta dari luar Provinsi yaitu Jawa Tengah.

“Meskipun Kami pemula dan memiliki target sekitar 300an, namun Alhamdulillah peserta ramai dan peserta ada yang berasal dari Purwokerto,” jelasnya. Sehingga selain membuat jalur yang memiliki panjang kurang lebih 60 km, panitia membuat tanjakan berhadiah.

Tanjakan berhadiah tersebut sesuai dengan kategor, yaitu kategori motor trail Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150. Kemudian di sebelahnya terdapat tanjakan khusus untuk para peserta yang menggunakan motor trail build up. Sedangkan samping untuk motor build up, terdapat tanjakan khusus untuk bebek standar.

Tanjakan berhadiah tersebut menjadi tontonan bagi masyarakat yang turut hadir pada acara tersebut. Semakin meriah MC Wanto Ceper memandu acara hingga selesai. Bahkan karena tanjakan berhadiah tersebut berada dekat dengan panggung, masyarakat pun sangat terhibur.

Sehingga nampak dari puncak bukit masyarakat berbaur dengan peserta hingga nampak menyemut karena banyaknya masyarakat. Sesekali terdengar teriakan histeris dari para penonton saat peserta tidak berhasil melewati tanjakan.

Ramai Penonton dan Peserta

Panitia pun kewalahan, karena selain ramai oleh peserta masyarakat pun turut berduyun-duyun ingin menyaksikan para penakluk tanjakan. Sehingga Ubar Baksos di Ciamis layaknya event terbuka karena banyaknya peserta dan juga masyarakat. Namun panitia tetap mengingatkan tentang penerapan protocol kesehatan karena masa pandemi.

Penulis: Yeyep                  Foto: Yeyep