Air Radiator Sering Berkurang Sampai Surut? Coba Cek Bagian Ini

21

OtomotifZone.com – Jakarta.  Kendala kerap dimiliki para pengendara roda empat ataupun roda dua. Hal yang sering dialami para pengendara adalah kurangnya air radiator. Terlebih mereka yang sibuk dengan pekerjaan dan sampai lupa mengecek. Kalau air radiator sampai kering, bisa bisa kalian mengalami rusak sampai mesin.

Nah, coba kalian kerap lakukan pengecekan pada air radiator sebelum berkendara. Minimal kalian melakukan pengecekan secara berkala. Tapi bila kalian kerap cek dan air kerap berkurang, berarti ada kebocoran pada perangkat radiator. Nah kali ini tim redaksi akan memberi tips bagi kalian pengendara roda dua ataupun empat.

Pertama, kalian cukup cek pada saat kendaraan di parkir di rumah. Ada tidak tetesan air pada lantai rumah tempat motor ataupun mobil kalian parkir. Bila ada kita cari sumbernya dari mana. Bila itu dari radiator, coba kita cek bagian selang radiator. Apakah ada kebocoran dari selang. Karena selang radiator sendiri menghubungkan air dari radiator ke mesin.

Radiator Motor

Ganti sesuai anjura seperti selang khusus radiator standar produk motor atau kalian bisa gunakan selang radiator yang memiliki ketebalan lebih dari standard.

Lalu kalau kalian cek selang tidak ada kebocoran, coba cek dari tutup radiator. Caranya sebagai berikut :

  • Pertama kalian buka tutup radiator dan cek pada karet tutup. Karena umumnya tutup radiator ada karet pada dalamnya.
  • Cek kualitas karet. Bila mana karet sudah lemah, maka air akan keluar dari tutup radiator tersebut.
  • Ganti sesua jenis dan type motor kalian dan beli yang orisinil bila terlihat sudah benar-benar haus.
Seal Pump Radiator

Tapi bila dari kedua ini kalian tidak menemukan kerusakan, coba cek Waterpump. Terutama kalian cek bagian seal pada waterpump. Bila mana ada kerusakan pada seal ataupun melemahnya kualitas, ini yang bisa membuat air bisa keluar. Seal ini sendiri kalian bisa beli di dealer motor atau di bengkel terdekat dari rumah anda.

Bila sampai sini tidak ada kerusakan, terakhir kalian bisa cek pada bagian head mesin anda. Biasanya adanya kebocoran dari beberapa factor. Salah satunya dari paking head mesin yang sudah tidak baik. Jadi air bisa lolos dari cegahan head dan masuk ke ruang bakar. Dan bila ini terjadi dan diamkan saja maka motor bisa mengalami banyak kerusakan.

Makannya ayo sayangi motor kalian seperti anda menyayangi “dia”. Rawat motor anda jangan sampai alami kerusakan. Bila rusak, yang susah anda sendiri.

Editor : Suhendri Wibowo | Foto : Shutterstock