Bingung Beli Mobil Pertama? Nih Honda Kasih Tipsnya

160
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Membeli mobil untuk pertama kalinya tentu menjadi momen yang menyenangkan, namun juga perlu dipertimbangkan dengan matang. Oleh karena itu konsumen harus cermat dalam melakukan pembelian mobil.

Untuk memastikan pembelian mobil dengan harga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil untuk yang pertama kalinya:

1.   Tentukan Budget dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat mencari mobil, hal utama yang harus diperhatikan adalah menentukan berapa budget maksimal yang dimiliki untuk membeli mobil. Selain itu, konsumen juga perlu mendefinisikan mobil seperti apa yang mampu menjawab kebutuhan. Contohnya, apabila konsumen seorang mahasiswa, pelajar atau keluarga muda, mobil dengan bangku dua baris lebih cocok untuk digunakan sehari-hari. Setelah itu, konsumen dapat mencari informasi mengenai mobil yang sesuai dengan kriteria di website resmi dan melakukan kunjungan ke dealer resmi untuk melakukan test drive secara langsung, sehingga konsumen dapat memutuskan mana mobil yang terbaik untuk dimiliki.

2.   Cermati Skema Pembiayaan dan Program Penjualan yang Berlaku

Untuk mempertimbangkan biaya pembelian mobil, konsumen dapat mencermati setiap skema pembiayaan yang ditawarkan oleh ATPM.  Perusahaan leasing biasanya mempunyai besaran bunga dan tenor yang berbeda-beda. Konsumen juga dapat bertanya kepada sales di dealer resmi untuk dapat memberikan rekomendasi leasing yang tepat.

3.   Program Penjualan Yang Berlaku

Konsumen juga perlu mencermati program penjualan yang sedang berlaku di dealer resmi. Program penjualan yang ditawarkan dealer biasanya beragam, mulai dari bonus pembelian, diskon, skema pembiayaan, dan sebagainya. Dengan program penjualan yang tepat, pembelian mobil pertama akan lebih ringan dan menguntungkan bagi konsumen. 

Salah satu program penjualan yang sesuai untuk pembeli mobil pertama saat ini adalah program ‘Sehat Bersama Honda’ yang ditawarkan untuk pembelian berbagai model mobil Honda, salah satunya adalah Honda Brio. Dalam program ini,  konsumen akan mendapatkan Honda Healthy Package senilai Rp1 juta*. Pada program ini, konsumen dapat melakukan pembelian secara online maupun pembelian langsung pada dealer resmi Honda.

4.   Perhatikan Aspek Purna Jual & Biaya Perawatan

Selain harga beli, faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah layanan purna jual. Untuk pembeli mobil pertama, kemudahan dan biaya yang ringan untuk melakukan perawatan mobil tentu menjadi pertimbangan penting. Karena itu, konsumen perlu memastikan mobil pertama yang dipilih juga memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli yang memadai, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman sehingga kesehatan mobil tetap terjamin.

Kemudian, konsumen juga perlu memperhatikan besaran biaya perawatan yang akan dibutuhkan selama memiliki mobil. Saat ini, banyak pabrikan yang telah memiliki paket servis yang dapat menghemat biaya perawatan mobil. Salah satunya adalah Paket Hemat yang ditawarkan Honda untuk perawatan berkala di bengkel resminya. Bahkan, setiap pembelian All New Honda Brio saat ini akan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala berupa Paket Hemat  berupa gratis biaya Jasa dan suku cadang sampai dengan  50.000 km atau 4 tahun (syarat dan ketentuan berlaku).

5.   Perhatikan Harga Jual Kembali

Untuk pembeli mobil khususnya mobil pertama, harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting sebelum membeli mobil. Setelah memiliki mobil pertama, seiring waktu konsumen mungkin berpikir untuk mengganti mobil ke model lain di atasnya, sehingga harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting.

Konsumen dapat melakukan pengecekan harga mobil second di website marketplace yang banyak tersedia di internet, sehingga dapat mengetahui berapa kisaran harga jual kembali dari mobil yang hendak dibeli. Secara umum, popularitas sebuah merek mobil, kualitas dan daya tahan produk, desain yang tidak mudah ketinggalan jaman, dan dukungan jaringan dealer yang kuat akan mendukung harga jual kembali dari suatu mobil. 

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS