Brake System RCB Jadi Buruan Modifikator?

40

OtomotifZone.com – Jakarta. Seperangkat body part yang ada di kendaraan bermotor, dengan memiliki peran sangat penting buat safety riding untuk keselamatan saat berkendara adalah brake system atau sistem pengereman. Sistem pengereman ini secara fungsionalnya sangat vital.

Kenapa begitu? Karena dengan sistem pengereman ini, dalam kondisi darurat bila kebetulan motor melaju dengan dengan kecepatan tinggi. Untuk menghindari insiden, maka sistem pengereman inilah yang akan menghentikan laju kendaraan secara maksimal.

Sekilas info. Apa saja sih part yang masuk dalam perangkat brake system itu, yang masing-masing part tadi secara mekanisme kerjanya saling terkait? Diantaranya adalah brake house(selang rem), Caliper (kepala babi), Disc (cakram), Master Pump (master rem) atau istilah bahasa bengkelnya biasa disebut dengan handle.

Dengan seiring perkembangan dunia otomotif, banyak orang yang ingin melihat tampilan motornya kelihatan lebih mewah dengan cara dimodifikasi. Tentunya langkah yang harus dilakukan adalah mengganti part standartnya, dengan produk aksesoris aftermarket.

RCB

Ada pertanyaan menarki nih. Kenapa para pecinta modifikasi lebih memilih body part aksesoris aftermarket? Alasan jelas. Karena part aksesoris lebih banyak memiliki model, kemudian warnanya juga bervariasi. Ini yang menjadi daya tarik tersendiri, kenapa part aksesoris lebih dominan dipakai dimotor modifikasi.

Nah dari sekian banyak body part aksesoris aftermarket yang dipasarkan di Indonesia. Yang sekarang ini lagi trend dikalangan modiflover’s adalah body part aksesoris RCB atau sering disebut Racing Boy asal Malaysia

Body part aksesoris RCB belakangan ini memang lagi menjadi barang buruan bagi pecinta atau pelaku dunia modifikasi motor. Banyak alasan kenapa para pecinta modifikasi lebih memilih bodypart aksesoris RCB?. Seperti yang diungkapkan oleh modifikator handal, yang biasa membangun modifikiasi motornya dengan aliran airbrush baik realis maupun grafis.

Siapa lagi kalau bukan Bro Angga dari bengkel modif sekaligus toko aksesoris ARM motor. Yang berada di Jl. Dr. KRT Radjiman Widyodiningrat No. 21, RT.10/RW.6, Jatinegara, Kec. Cakung, Jakarta Timur. Menurut bro Angga, part aksesoris RCB sudah lama dikenal oleh kalangan pecinta modifikasi maupun komunitas motor.

RCB

“Saya sendiri sangat suka dengan modifikasi. Boleh dibilang saya konseptor modif. Sudah banyak saya mengkonsep motor modif beraliran airbrush maupun fashion. Yang jelas untuk pelengkap modifikasi saya, buat part aksesorisnya saya selalu memakai RCB. Terutama buat sistem pengeremannya, part RCB selalu saya libatkan. Masalahnya modelnya cakep, dan fungsionalnya jangan diragukan lagi,” ungkap bro Angga yang juga pendiri dua club motor.

Baik itu Ninja Custom Club (NCC), maupun Yamaha Nmax Custom Club yang juga disingkat NCC. Memang benar apa yang disampaikan bro Angga. Karena hampir semua motor modifikasi Yamaha Nmax yang tergabung di komunitas NCC yang didirikan oleh bro Angga. Untuk sistem pengeremannya terutama bagian calipernya pasti memakai RCB, baik yang model S1, S2, maupun S3. Memang itu fakta dilapangan.

Sekarang ini untuk part Akseoris RCB terutama buat brake system, sudah banyak dipasang di motor-motor gacoan kontes modifikasi. Dan sudah mulai merata dikalangan modif lover’s tanah air yang doyan kontes.Sebagian part aksesorisnya yang
terpasang di motor modifikasinya yang sering turun kontes, pasti menggunakan part RCB.

Bisa dibuktikan digelaran kontes modifikasi yang baru saja di gelar di Manado beberapa waktu yang lalu. Hajatan anak komunitas motor Manado FU Rider, yang tidak lain adalah anak-anak penggeber motor Suzuki Satria FU. Dalam memperingati universary komunitasnya yang ke 5 tahun.

Kontes modifikasi dengan banyak membuka kelas itu, dilangsungkan di dalam area parkir Lippo Plaza di jantung kota Manado.
Banyak motor-motor modifikasi karya anak-anak modif lover’s Manado yang sabagian sudahmemakai part RCB turun di arena kontes.

RCB

Sampai di buat kelas sendiri yaitu The best RCB. “Bukan hanya kali ini saja kita sebagai penyelenggara menyediakan kelas khusus yaitu The Best RCB. Kontes-kontes sebelumnya juga ada kelas khusus The Best RCB. Karena di Manado sudah tidak terhitung lagi banyaknya motor kontes yang memakai part RCB, minimal untuk sistem pengeremannya. Dan jangan heran kalau di Manado maupun di Makasar, juga di beberapa daerah lainya. Sudah lahir istilah RCB Lover’s buat mereka yang suka modif dengan menggunakan part RCB,”ungkap Julio selaku pananggung jawab kontes pada event kali ini.

Sekilas info. Bukan hanya di bumi Manado saja gelaran kontes modifikasi motor yang rata-rata untuk peserta kontesnya sudah banyak yang memakai part RCB. Seperti kontes modifikasi yang sering di gelar di Kota Malang, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Jogja, Bandung, Bogor, hingga seputaran Jabodetabek.

Sudah banyak pula motor-motor gacoan kontes yang memakai part RCB terutama untuk bagian pengeremannya. Nah penasarankan, apa saja poduk RCB untuk brake system atau bagian pengereman? RCB sudah menyiapkan mulai dari master brake pump S1 17 mm, E2 14mm, E3 12,7 mm.

Kemudian ada pula master brake pump S1 cable only dan master brake pump E2 cable only.

Sedang untuk caliper-nya sendiri, RCB juga mengeluarkan beberapa model mulai dari caliper S1, S2, S3 dan ada pula S2 rear atau untuk belakang. Sedangkan untuk brake hose atau selang minyak remnya ada beberapa ukuran 480 mm sampai 2100. RCB melengkapi pula dengan disc atau cakram yaitu Disc S-Series (F) 298mm juga Disc S-Series (F) 245mm. Istimewa!!!