Gunakan Toyota GR Yaris: Ryan Nirwan-Adi Indiarto Langsung Jadi Jawara Pada Debutnya

101

OtomotifZone.com – Lawang, Malang. HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 sukses digelar di Sirkuit Puslatker TNI-AL, Bedali, Lawang, Malang pada 22-24 Juli 2022.

Yang langsung jadi sorotan penampilan Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI). Mereka sukses meraih juara pertama di kelas paling bergengsi yaitu M1 (Sedan 4WD) kategori A pada putaran 1 dan 2 di sirkuit Puslatker TNI AL Bedali Lawang, Malang, Jawa Timur.

Pada debutnya, duet skill pereli Ryan Nirwan dan co-driver, Adi Indiarto patut diacungi jempol. Ini lantaran mereka dapat memaksimalkan performa Toyota GR Yaris yang dibangun di Choice Motorsport, Selandia Baru dalam waktu yang sangat singkat.

“Ini adalah pencapaian yang luar biasa, karena merupakan debut kami berdua untuk Tim Toyota Gazoo Racing Indonesia, dan ini penampilan perdana mobil kami. Seminggu yang lalu baru sampe Indonesia. Kami punya waktu nge test sehari di Sentul pada Rabu pagi. Lalu Rabu siang mobil dikirim ke Malang. Kamis kami nge test di sirkuit Puslatker TNI-AL, Bedali, Lawang, Malang. Lalu Sabtu-Minggu kami pakai balapan. Dan hasilnya sangat luar biasa,” girang mereka berdua saat ditemui Otomotifzone.com usai penyerahan piala.

Menggunakan mobil reli berDNA motorsport, Toyota GR Yaris AP4 yang dikemudikan Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto melesat dengan cepat sejak garis start.

Ryan Nirwan dan Adi Indiarto usai memenangi HIPMI Jatim Kejurnas Sprint Rally Indonesia 2022 seri 1 dan 2 di sirkuit Puslatker TNI-AL, Bedali, Lawang, Malang.

Sirkuit ciamik sepanjang 5,2 km langsung dilibas oleh Hot hatchback ini. Di putaran pertama Sabtu (23/7), tim TGRI berhasil mencatatkan waktu tercepat 04:43.7 pada Special Stage 1 (SS1) dan 04:34.5 SS2. Capaian positif ini berlanjut ke putaran kedua, Minggu (24/7). Toyota GR Yaris AP4 besutan Ryan dan Adi kembali mencatatkan waktu terbaiknya 04:27.3 (SS1) dan 04:24.4 (SS2). Dari torehan dua putaran awal itulah tim TGRI berhasil mengamankan juara pertama.

“Ini merupakan dream bedut. Kami sampaikan terima kasih kepada tim TGRI atas kerja kerasnya, mulai dari proses development Toyota GR Yaris AP4 sampai persiapan event berlangsung. Sehingga kami dapat menaklukan trek sepanjang 5,2 kilometer yang sangat menantang ini dengan hasil maksimal. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada HIPMI Jatim, dan IMI yang sudah menyelenggarakan even ini,” ungkap pereli asal Balikpapan, Kalimantan Timur ini.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak (kiri) menyerahkan piala kepada Ryan Nirwan dan Adi Indiarto

“Yang pasti raihan diseri 1 dan 2 ini adalah tabungan kami di tahun ini. Kami harap diseri-seri berikutnya bisa mengulang hasil yang sama sebagai juara, sehingga pada akhirnya bisa menjadi juara Sprint Rally Indonesia 2022,” tutup Ryan.

Penulis: Hendra Sonie | Foto; HS, ist