SAC 4×4 Adventure Offroad 2016: Beruntung Hujan Tak Turun

1015
sss

OtomotifZone.com – Payakumbuh. Ketika mengikuti event adventure offroad, salah satu rintangan sekaligus tantangan yang dihadapi peserta adalah guyuran hujan. Bukan takut diguyur air, tapi lintasan yang dilalui menjadi medan terberat saat basah. Perjuangan offroader menjadi semakin.

Namun beruntung hujan tak turun saat komunitas Sinama Adventure Club (SAC) di Payakumbuh menggelar “SAC 4×4 Adventure Offroad 2016” selama dua hari, 30-31 Desember 2016. Ajang petualang lintas alam yang diadakan dalam rangka Hari Jadi SAC sekaligus menyambut Tahun Baru 2017 ini berlangsung lebih cepat dari prediksi waktu. Peserta berhasil keluar jalur lebih awal.

Usai dilepas Irfendi Arbi dari komplek Bupati 50 Kota di Sarilamak, sebanyak 27 jip 4WD yang masuk kelas extreme ditambah 20 mobil kelas standar menempuh country road alias CR di kawasan hutan Bulu Kasok, Banda Gadang dan Taram. “Kalau hujan pasti lebih seru, tantangan semakin menantang,” seru Zulkasni, Ketua Panitia.

Benar juga. Prediksi panitia peserta baru keluar hutan di hari Minggu (1/1) subuh, setahun kemudian. “Batas waktu ditunggu Minggu pagi jam 6-7 di objek wisata Lembah Harau. Ternyata semua peserta bisa keluar jalur lebih cepat karena lintasan kering,” tambah Zal Ahmadi, Ketua SAC sambil menyebut ini event ke-6 SAC yang digelar setiap tahun. Kali ini SAC diartikan Satu Asa dalam Cinta.

Bedanya, tahun 2016 mengusung misi promosi wisata dengan tagline “Harau Menuju Dunia” yang diharapkan semakin dilirik wisatawan lokal dan mancanegara. Melalui peserta yang menikmati keindahan alam Luak Limopuluah bisa menyampaikan keunikan yang ada di utara wilayah Sumbar.

Karena masih penasaran dan belum puas, panitia pun membuat satu SCS (special competition stage) yang bisa diikuti semua peserta extreme dan standar. “Ini dinamakan SCS Penasaran,” ungkap Syafril Donal, Tehnical Delegate dari Pengda IOF Sumbar.

Karena ajang ini bukan kompetisi murni, pemenang adventure ditentukan berdasarkan undian. Setiap tim yang utuh mencapai finish di Lembah Harau berhak dapat satu kupon doorprise. Lalu diundi untuk merebut hadiah utama mobil dan motor. Dan yang beruntung, tim Dumai 4×4 Community untuk kategori kelas extreme memboyong satu unit Suzuki Jimny. Sedangkan di kelas standar, tim Suzuki Jip Pekanbaru meraih Yamaha Mio. Kedua hadiah diborong offroader Riau.

Penulis: Noverry | Foto: Donal