Toprak Batal Catat Tiga Kemenangan Akibat Track Limit Di Superpole Race Magny-Cours

26

OtomotifZone.com-Prancis. Kemarin sempat tertulis bahwa Toprak Razgatlioglu menang tiga race sekaligus pada WSBK sirkuit Magny-Cours, Prancis 5 September 2021. Pembalap Pata Yamaha ini diprotes pihak Kawasaki Racing Team karena terekam menginjak area hijau saat Superpole Race. Protes di terima FIM dan akhirnya Toprak terpaksa mundur satu posisi dan juara di raih Jonathan Rea.

Dalam balap sepuluh lap tersebut Toprak menginjak area hijau di tikungan 10. Paul Denning dari Pata Yamaha, Manajer Tim di Pata Yamaha Brixx WorldSBK, memberikan pemikirannya tentang hasilnya.

 “Tentu saja mengecewakan. Akhir pekan ini kita melihat pertarungan luar biasa antara dua protagonis Championship. Untuk tim kami, pertama kali kami memenangkan ketiga balapan. Bagi Toprak, pertama kali dia memenangkan ketiga balapan. Sebuah tontonan olahraga yang luar biasa dan rasa hormat yang luar biasa antara dua pebalap fantastis ini. Dan kemudian, setelah akhir Race 2 di mana kami berada di pole position karena hasil dari Superpole Race, steward mengambil keputusan setelah memprotes bahwa ada pelanggaran kecil di lap terakhir dari Toprak menyentuh area hijau keluar dari tikungan 9 dan 10,” kata mantan manager Suzuki MotoGP tersebut.

Reakaman ulang terlihat dari motor Rea. hanya beberapa cm saja.

Paul Dening sedikit kecewa karena hanya beberapa cm saja ban Toprak menginjak area hijau dan sama sekali tidak ada keuntungannya untuk mencuri jarak dengan Rea. “Ini karena protes dari Kawasaki. Ini mengecewakan karena jujur, sungguh. Itu bukan sesuatu yang akan kami lakukan. Ketika seorang pengendara telah mendapatkan nol keuntungan dan anda sedang berbicara tentang 5mm dari ban belakang menyentuh warna hijau. Dilihat oleh jalannya balapan, dan dari rekaman langsung sama sekali tidak ada masalah karena tidak ada keuntungan apapun. Dan tidak jelas dia berada di lapangan. Namun setelah mereka menerima protes, mereka harus menggunakan semua alat yang mereka miliki, termasuk rekaman on board dari sepeda Jonathan. Mereka dapat melihat bahwa ada dan sangat kecil di area hijau. Jika ini adalah cara Kawasaki ingin bermain, maka mungkin atmosfer olahraga akan sedikit berubah,” kata Paul.

Lagi-lagi. entah MotoGP atau WSBK, hukuman menginjak garis hijau memang sedang menjadi momok protes. Walau tak jadi juara, Toprak tetap memimpin klasemen sementara.

Penulis : Hafid | Foto : WSBK