Kalau Udah Begini Jangan Paksain Otozoners

572
Ban Motor
Jangan Paksain Lagi Ya Otozoners Kalo Udah Gini

Otomotifzone.com – JAKARTA. Berkendara aman itu penting saat kita mengendarai motor. Pentingnya juga service rutin untuk menjaga kebugaran sepeda motor. Agar saat berkendara tidak secara mendadak motor mengalami kerusakan.

Termasuk halnya dalam menjaga ban, ban motor sendiri ibaratkan sepatu manusia dalam kendaraan motor. Tidak sedikit juga para pengguna kendaraan roda dua, memilih ban motor yang proper untuk motornya. Serta menjaga durabilitas bannya, untuk dapat terus melaju secara aman di jalanan.

Jika ban motor sudah memasuki batas TWI atau maksimal usia ban, sebaiknya sudah melakukan penggantian dengan ban yang baru. Utamanya adalah untuk menjaga keselamatan si pengendara saat di jalan raya. Ban motor sendiri, biasanya memiliki usia mencapai 8.000 KM hingga 10.000 KM tergantung pemakaiaan.

Ban Motor
Batas Pemakaian atau Usia Ban Motor

“Mengendarai motor jangan sampai menggunakan ban motor yang sudah masuk usianya. Ban terlihat botak licin saja pun baiknya sudah harus diganti, apalagi yang sudah terlihat benang motornya. Tentunya ini sangat berbahaya, bisa-bisa meledak di tengah jalan,” terang Ega Suryana dari Ban Kingland.

Ban Motor
Batas Pemakaian atau Usia Ban Motor. Foto: Instagram

Dirinya menjelaskan juga, pada dasarnya ban memiliki 3 lapisan untuk ukuran yang normal atau standar. Jika sebuah serat atau benang di ban motor sudah terlihat, itu sudah memasuki lapisan ke-2. Itu sudah teramat tipis dan memasuki dasar ban.

Ban Motor
TWI atau Tanda Batas Pemakaian Ban Motor

“Sebaiknya jika sudah habis di lapisan pertama lebih baik ganti, apalagi sudah masuk lapisan 2. Setiap pabrikan ban punya namanya standar usia ban atau TWI. TWI adanya di samping ban (dinding ban). Tapi umumnya ban standar akan habis di tengah tapi pinggirnya masih baik,” ungkap dirinya.

Lanjut lagi darinya, “Karena biasanya berpendapat masih bisa digunakan, lalu masih ada pattern tapi tengahnya pattern sudah habis. Jadi masih digunakan. Tapi itu sendiri sudah memasuki batas TWI, karena pattern sudah tidak nampak. Untuk amannya harus diganti,” jelas Ega – Product Test & Tech Support Dept. Head Kingland Tire.